-->

Contoh RRP PAI Kelas I

Advertisemen
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :   _______________________
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :   I / 1
Standar Kompetensi :   1.     Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar     :   1.1   Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu           :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran**       : 

1.        Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan  benar ( NK. Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya )


Karakter siswa yang diharapkan  :  
 ·   Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab 


Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   :  
 ·   Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan,  Berorientasi ke masa depan 


Materi Pembelajaran    : 
1.        Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan  benar







Metode Pembelajaran :      
1.        Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan  Individu


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
F Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi :
F memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah  dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2.         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara, Gemar membaca , serta Tanggung jawab  .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.   Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.   Alquran (Juz Amma)
3.   Buku Pendidikan Agama Islam
4.   Buku-buku lain yang relevan
5.   Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.   Pengalaman guru
7.   Lingkungan sekitar




Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
v  Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
v  Jujur.: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
v  Toleransi.: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
v Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
v Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
v Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
v Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
v Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
v Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
v Peduli lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
v Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan  masyarakat yang membutuhkan
v Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

Ø  Melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

Tes Lisan
Hafalkan
v  Hafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar !
v  Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
v  Sebutkan surat  al-Fatihah tiap ayat!
v  Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a.10 kebaikan
b.20 kebaikan           c.30 kebaikan
v  ar-rahmān artinya adalah ?

Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.










  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,……………………….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
Advertisemen