-->

Contoh RPP PAI kelas 1 sem 1 KD 1.2

Advertisemen
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             :  
Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester         :    I / 1
Standar Kompetensi   :    1.   Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar      :    1.2 Menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat menghafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar
2.      Siswa dapat mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin

Karakter siswa yang diharapkan  : 
·   Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

Materi Pembelajaran  :   
1.      Materi tentang menghafal dan mengamalkan surah Al Fatihah

Metode Pembelajaran :
1.      Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara berkelompok dan individu serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Motivasi : Mengulang bacaan lafal surah Al Fatihah
2.    Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara kelompok dan individu mengikuti
b. Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.  Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang hafalan surah Al Fatihah
b. Siswa mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
a.  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku Pendidikan Agama Islam
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
v  Religius.
v  Jujur.
v  Toleransi.
v  Disiplin.
v  Kerja keras
v  Kreatif
v  Demokratif
v  Rasa Ingin tahu
v  Gemar membaca
v  Peduli lingkungan:
v  Peduli social
v  Tanggung jawab.

Ø Menghafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
Ø Mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Tes Lisan

Tes Lisan
Hafalan

Hafalan
  1. Hafalan Surah Al Fatihah  ?

2.      Demonstrasikan hafalan surah Amalkan Surah Al Fatihah secara rutin!
3.      Tuliskan Bahasa Arab Surat Al-Fatihan ?




Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.









CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka dilakukan Remedi.

Mengetahui,
Kepala Sekolah




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



Advertisemen